• Soal Ulangan Pekan semester Genap Fisika Kelas X



    Soal Ujian Pekan Semester Genap
    X MIPA
    1.       Sebuah balok 4 kg yang mula-mula diam ditarik dengan gaya horizontal F. Jika pada saat t = 3 s balok telah berpindah sejauh 2,25 meter, berapakah besar gaya F untuk menarik balok tersebut?
    2.       Perhatikan gambar dibawah ini. Diketahui balok beratnya 100 N.Pada balok tersebut bekerja sebuah gaya, Berapakah besar gaya Normal yang bekerja pada balok tersebut?








    Text Box: F = 40 N

     




    3.       Sebuah benda yang bermassa m digantung dengan seutas tali. Kemudian, benda tersebut digerkakan vertical kebawah dengan percepatan a. Berapakah besar tegangan tali pada system tersebut?
    4.       Seseorang bermassa 60 kg berada dalam lift yang sedang bergerak dari lantai 5 menuju lantai dasar. Jika desakan kaki orang tersebut terhadap lift sebesar 420 N dan g = 10 m/S2. Berapakah percepatan gerak lift tersebut?
    5.       Reza bermassa 40 kg berada di dalam lift yang sedang bergerak ke atas. Jika gaya lantai lift terhadap kaki reza 520 dan percepatan gravitasi g = 10 m/S2, Berapakah besar percepatan lift tersebut?
    6.       Dua buah planet S dan Q mengorbit matahari, Perbandingan jarak planet S dan Q terhadap matahari 4 : 9. Apabila periode planet S mengelilingi matahari 24 hari, Maka berapakah periode planet Q ?
    7.       Dua buah benda massanya masing-masing 16 kg dan 36 kg terpisah dengan jrak 50 cm. titik Z berada pada garis hubung keduanya. Jika besar medan gravitasi di titik Z tersebut nol, berapakah jarak titik Z tersebut jika di ukur dari benda bermassa 36 kg?
    8.       Gaya gravitasi antara dua buah benda yang bermassa m1 dan m2, terpisah dengan jarak R adalah F. Berapakah gaya gravitasi benda tersebut jika jaraknya diubah menjadi 2R?
    9.       Dua buah benda massanya 0,2 kg dan 0,5 kg, satu sama lain berjarak 50 cm. Berapakah gaya Tarik menarik dari kedua benda tersebut?
    10.   Sebutkan Bunyi hukum gravitasi Universal dan jelaskan maksud dari Bunyi Hukum tersebut!



    INGAT
    W = F .  
    (Perubahan menjadi lebih baik itu tergantung seberapa besar usaha yang dilakukan bukan disebabkan dari seberapa besar anda bergaya)

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar